Rabu, 17 Desember 2008

TADABUR

T A D A B U R
I.Arti Tadabur
Berhubungan dengan kataYuddabir yang artinya mengatur, seperti tersebut dalam ayat dibawah
ini,
QS 10:3 --- Sesungguhnya Tuhan kamu Dialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy (singgasana) untuk mengatur (yudabbir) segala urusan. Tidak ada yang dapat memberi syafaat kecuali setelah ada izinNya. Itulah Allah, Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Apakah kamu tidak mengambil pelajaran?
Jadi tadabur adalah usaha yang teratur/sistematis untuk memahami Al Qur’an, sehingga dapat melakukan petunjuk Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
II.Keutamaan melakukan tadabur
Mengikuti petunjuk Allah dengan “tadabur” (mengerti apa yang kita lakukan dan kemana kita
menuju)
QS 2:38-39 --- Kami berfirman, “ Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar2 datang petunjuk Ku kepadamu, maka barang siapa mengikuti petunjukKu, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.Adapun orang2 yang kafir dan mendustakan ayat2 Kami, mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.
Arti penting ------- supaya mengikuti petunjuk Allah supaya terselamatkan dari penyakit bathin
QS 35:32 --- Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang2 yang Kami pilih di antara hamba2 Kami, lalu di antara mereka ada yang menzalimi diri sendiri, ada yang pertengahan dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar.
III.Cara Melakukan Tadabur
Belajar untuk membacanya dengan benar
QS 2:121 --- Orang2 yang telah Kami beri Kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Dan barang siapa ingkar kepadanya, mereka itulah orang2 yang merugi.
Membaca Al Qur’an dengan membaca yang sebenar2nya
Panjang dan pendeknya harus benar.
QS 35:29 --- Sesungguhnya orang2 yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam2 dan terang2an, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.
Mendengarkan orang yang membaca Al Qur’an dengan baik, jangan menginterupsi.
QS 7:204 --- Dan apabila dibacakan Al Qur’an , maka dengarkanlah baik2 dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat

Mempelajari makna2 dzahirnya/artinya
Memahami pengertian tersirat yang ada dibalik ayat atau surat yang akan dipelajari (tafsir)
HR Bukhori & Muslim :
Berkumpul membaca Al Qur’an : Allah memberi rahmat ------- hatinya tenang
Membaca Al Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya ----- kedua orang tuanya mendapatkan Mahkota Surga
QS 2:44 --- Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab (Taurat)? Tidakkah kamu mengerti?
QS 20:124 --- Dan barang siapa berpaling dari peringatan Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulikannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.
QS 15:9 --- Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.
QS 41:21 --- Dan mereka berkata kepada kulit mereka, “Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?” (Kulit) mereka menjawab, “ Yang menjadikan kami dapat berbicara adalah Allah, yang (juga) menjadikan segala sesuatu dapat berbicara, dan Dialah yang menciptakan kamu yang pertama kali dan hanya kepada Nya kamu dikembalikan.”
QS 39:71 --- orang2 yang tidak mentadaburi Al Qur’an ----- dihinggapi penyakit sombong
Diposting oleh As Sakhoya di 00:39 0 komentar
Label: Arti Tadabur
QS 1: AL FATIHAH
I.Keistimewaan surat Al Fatihah
Diberi nama oleh Rasul sebagai Ummul Kitab
QS 15:87 --- Dan sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang dan Al Qur’an yang agung.
Diberi nama surah As Sholah
Surat Al Fatihah adalah surat yang wajib dibaca dalam shalat.
QS 73:20 --- Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (salat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang2 yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa2 yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang2 yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Qur’an dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
Diberi nama Surah As Shifa (obat)
QS 17:82 --- Dan kami turunkan dari Al Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.
II.Pengertian
Bahasa : pembuka
Tafsir : adalah anak kunci untuk membuka misteri kehidupan
Misteri Kehidupan :
Siapakah aku?
QS 32:7-9 --- Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah, kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang memulai penciptaan manusia dari tanah, kemudian Dia menyempurnakannya dan meniupkan roh (ciptaan)Nya ke dalam (tubuh)nya dan Dia menjadikan pendengaran, penglihatan dan hati bagimu, (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.
Jadi manusia dipilih Allah lalu ditiupkan ruhNya….
Apa perananku? Apa yang harus kita lakukan
Jadilah kita orang yang baik/terpuji dimata Allah
Apa tujuan hidupku?
Untuk mendapat rahmat Allah
Ciri orang yang mendapat kasih sayang Allah ----- dia mengasihi orang dengan tulus
QS 3:159 --- Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakalah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.
Diposting oleh As Sakhoya di 00:38 0 komentar
Label: QS 1 : Al Fathihah
QS 2 : Al Baqarah
I.Keistimewaan Surat Al Baqarah
Di dalamnya terdapat beberapa ayat yang istimewa seperti
QS 2: 255 --- ayat kursi
QS 2: 285-286 --- ayat mencukupkan wirid malam
Surat yang terkenal untuk dibaca di rumah untuk mengusir energi negative (Pengaruh Jahat --- QS 1 : 286 --- anjuran Rasulullah
Acuan untuk mengangkat seorang hakim di jaman Umar bin Khatab (harus hafal surat ini)
Ayat terpanjang di Al Baqarah ayat 282.
II.Pengertian Al Baqarah
Pengertian bahasa : Sapi betina
Pengertian tafsir: symbol atau lambang dari manusia manusia yang pikiran dan hatinya telah dikuasi oleh pengaruh pengaruh keduniawian.
Dalam Al Qur’an dijelaskan ada manusia binatang ----- fisik manusia tapi kelakuan/hatinya seperti binatang.
QS 7:179 --- Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat2 Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda2 kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat2 Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang2 yang lengah.
QS 5:60 --- Katakanlah (Muhammad), “ Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang fasik) disisi Allah? Yaitu, orang yang dilaknat dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah Tagut. Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.
QS 2:65 --- Dan sungguh, kamu telah mengetahui orang melakukan pelanggaran diantara kamu pada hari Sabat, lalu Kami katakan kepada mereka, “ Jadilah kamu kera yang hina!”
III.Pengaplikasian Surat Al Baqarah
Kendalikan sifat sifat kesapian dalam diri kita.
Kebodohannya ----- hanya memikirkan dunia saja, tidak pernah meningkatkan kualitas diri.
QS 2:212 --- Kehidupan dunia dijadikan terasa indah dalam pandangan orang2 kafir, dan mereka menghina orang2 yang beriman. Padahal orang2 yang bertakwa itu berada di atas mereka pada hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.
QS 30:4-7 --- dalam beberapa tahun (lagi). Bagi Allah lah urusan sebelum dan setelah (mereka menang). Dan pada hari (kemenangan bangsa Romawi) itu bergembiralah orang2 yang beriman, karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha perkasa, Maha Penyayang. (Itulah) janji Allah. Allah tidak akan menyalahi janjiNya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. Mereka mengetahui yang lahir (tampak) dari kehidupan dunia, sedangkan terhadap (kehidupan) akhirat mereka lalai
QS 2: 1-4 --- untuk meyakinkan adanya kehidupan akhirat.
QS 2:201 --- Doa untuk mengendalikan ‘Kesapian’/ doa sapu jagat ---Dan diantara mereka ada yang berdoa “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”
QS 2:200 --- tidak baik jika berdoa hanya berharap dunia. Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka berzikirlah kepada Allah, sebagaimana kamu menyebut2 nenek moyang kamu, bahkan berzikirlah lebih dari itu. Maka di antara manusia ada yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia,” dan di akhirat dia tidak memperoleh bagian apapun

Tingkatkan kualitas diri kita dengan meningkatkan hubungan yang intensif dengan Allah SWT
Caranya : tegakkan sholat, QS 2:3
QS 2:45 --- Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang2 yang khusuk,
QS 4:43 --- Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati shalat, ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci), usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun --- -- jangan sholat kala kita tidak mengerti apa yang kita ucapkan
Bagaimana meningkatkan kualitas sholat?
Jangan lakukanlah seperti :
QS 107:1-7 ---
1 --- Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
2 --- Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,
3 --- dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.
4 --- Maka celakalah orang yang salat,
5 --- (yaitu) orang2 yang lalai terhadap salatnya,
6 --- yang berbuat ria
7 --- dan enggan (memberikan) bantuan
Agar sholat kita khusu:
1. Ikhlas, solat itu hanya untuk Allah SWT
2. Pelajarilah perlahan2 makna kata2 yang standar, terutama Al Fatihah, tahiyat, shahadat, solawat.
3. Berpikirlah kepada nilai sholat, yaitu kepedulian terhadap orang lain, QS 107:1-7
QS 29:45 --- Bacalah Kitab (Al Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Diposting oleh As Sakhoya di 00:36 0 komentar
Label: QS 2 : Al Baqarah
QS 3 : ALI IMRAN
I.Hubungan surat Ali Imran dengan surat Al Baqarah


Kalau pada surat Al Baqarah kita membahas tentang sifat kebinatangan (sapi) pada diri manusia, maka pada surat Ali Imran dijelaskan bahwa sifat2 itu mempengaruhi kerukunan sebuah keluarga.
QS 42:11 --- Memilih pasangan hidup jangan yang berkualitas seperti perilaku hewan.(Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasangan2 dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan2 (juga). Dijadikan Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS 42:12 --- Milik Nya lah perbendaharaan langit dan bumi. Dia melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Maha Mengetahui segala sesuatu
II.Pengertian Ali Imran
Ali : Keluarga
Imran : kakek dari Nabi Isa AS
Ali Imran : keluarga Imran yang terdiri dari Imran, Hana, Maryam, Isa
Pengertian Tafsir: contoh atau symbol dari keluarga yang menggunakan umurnya untuk
mendapatkan kemakmuran dunia akhirat.
QS 4:68-70 --- dan pasti Kami tunjukkan kepada mereka jalan yang lurus. Dan barang siapa mentaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama2 dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang2 yang mati syahid dan orang2 yang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik2nya.
III.Pelajaran2 penting yang dapat diaplikasikan dengan surat Ali Imran
Ada 4 model keluarga:
QS 3:33 --- Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (pada masa masing-masing)
Adam ----- pasangan kita belum tentu sama/tidak benar dalam taat kepada Allah
QS 6:94 --- Dan kamu benar2 datang sendiri2 kepada Kami sebagaimana Kami ciptakan kamu pada mulanya, dan apa yang telah Kami karuniakan kepadamu, kamu tinggalkan di belakangmu (dunia). Kami tidak melihat permberi syafaat (pertolongan) besertamu yang kamu anggap bahwa mereka itu sekutu2 (bagi Allah). Sungguh, telah terputuslah (semua pertalian) antara kamu dan telah lenyap dari kamu apa yang dahulu kamu sangka (sebagai sekutu Allah).
QS 7:23 --- Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tiak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang yang rugi.”
Pelajaran aplikatif :
Walau istrinya bersalah, Nabi Adam tidak menyalahkan ---- jadi jika ada keluarga kita
Yang tidak benar, jangan terlalu menyalahkan, karena boleh jadi ada kontribusi kita yang
membuat keluarga kita menjadi tidak baik.--- jadi intinya adalah tanggung jawab
Rahasia Doa Nabi Adam, QS 7:23
“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak
mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang2 yg
merugi.Nuh
QS 29:14 --- Dan sungguh, Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka dia tinggal bersama mereka selama seribu tahun kurang lima puluh tahun. Kemudaian mereka dilanda banjir besar, sedangkan mereka adalah orang2 yang zalim.
QS 17:3 --- (Wahai) keturunan orang yang Kami bawa bersama Nuh. Sesungguhnya dia (Nuh) adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur.
QS 11:42-48 --- Dan kapal itu berlayar membawa mereka ke dalam gelombang laksana gunung2. Dan Nuh memanggil anaknya, ketika dia
QS 71:28 --- Doa nabi Nuh ---
Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapapun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki2 dan peremuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang2 yang zalim itu selain kehancuran.
Jadi bersabarlah dan harapkan yang terbaik bagi anak/orang lain (kesabaran dan harapan)
Keluarga Ibrahim: Keluarga yang Allah ridhoi
QS 14:37-41 --- (Doa Nabi Ibrahim --- agar anak kita tetap solat)
Untuk kita yang menghendaki agar anak kita tetap sholat, baca QS 14:40 ---
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang orang yang tetap mendirikan sholat, yang T uhan kami, perkenankanlah do’a ku”
Intinya : Pengorbanan
Keluarga Imran:
Kesempatan untuk menjadi orang terbaik itu bukan hanya milik para nabi tapi juga untuk manusia biasa.
Keluarga yang menjadikan ketakwaan kepada Allah yang paling utama bagi keluarga mereka.
QS 3:35-36 --- (Ingatlah), ketika istri Imran berkata, “ Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”
Istri Imran (Hana) selalu bersyukur dengan apapun yang Allah berikan kepadanya.
QS 4:19 --- Wahai orang2 yang beriman! Tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil sebagian dari apa yang telah kamu berikian kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaulah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya
Apabila dalam keluarga, kita yang berperan yang baik2 maka alamatkanlah kebaikan kita kepada suami.
QS 3:35 --- (Ingatlah), ketika istri Imran berkata, “ Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui”
Jadi, sehebat apapun kita, tetap kita hormati suami kita.
QS 28:8-9 --- Maka dia dipungut oleh keluarga Fir’aun agar (kelak) dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka. Sungguh Fir’aun dan Haman bersama bala tentaranya adalah orang2 yang bersalah. Dan istri Fir’aun berkata, “(Dia) adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah mudahan dia bermanfaat kepada kita atau kita ambil dia menjadi anak,” sedang mereka menyadari,
Diposting oleh As Sakhoya di 00:35 0 komentar
Label: QS 3 : Ali Imran
QS 4 : AN NISA
(WANITA)
I.Hubungannya dengan surat sebelumnya QS 3: Ali Imron
Allah ingin mengingatkan kita bahwa baik atau tidaknya keluarga itu tergantung wanita. Jadi hubungannya dengan surat Ali Imron adalah jika kita ingin mempunyai keluarga seperti keluarga tersebut, perhatikan /perbaiki wanitanya.
Dasar2nya adalah:
1.Hadits : wanita secara umum
“ Wanita adalah tiang Negara”
2. Hadits : wanita sebagai istri
“ Wanita adalah pemimpin di rumah tangganya “
3. Hadits : wanita sebagai ibu
“ Surga dibawah telapak kaki ibu “
4. Anggota keluarga yang sering disebut dalam surat Ali Imron (QS 3) adalah
istri Ali Imron….
II.Pengertian
Makhluk Allah yang terpilih untuk mendapat kekuatan Illahi (Ar Rohim) yang berfungsi untuk memelihara, membimbing dan mengarahkannya ke dalam kasih sayang Allah.
Wanita yang dimaksud disini adalah bukan jenis kelaminnya melainkan sifat2nya, karena banyak wanita yang tidak mempunyai sifat kasih sayang, namun banyak pula laki2 yang mempunyainya.
Dasarnya QS 9 (At Taubah) :128 --- Sungguh telah datang kpdmu seorg rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yg kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang (Rahim) terhadap org2 yg beriman.
III.Pelajaran inti/aplikasi
Ciri2 Wanita yang sholeh (wanita yang pantas disebut wanita) --- QS 4:34 --- Laki2 (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki2) atas sebagian yang lain (perempuan) dan karena mereka (laki2) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan2 yang shaleh, adalah mereka yang taat (qoonitaatun) dan menjaga diri (haafidzootun) ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga mereka.
- qoonitaatun : patuh/taat kepada apa yang dikatakan (kalimat) Allah. Bukan hanya taat dalam ibadah tapi taat kepada kata2 Allah (Al Qur’an dan Hadits)
- haafidzootun : memelihara kehormatan diri. Yang tidak termasuk dalam golongan ini adalah wanita yang berpakaian tapi seperti tidak berpakaian (minim, transparan, ketat). Wanita yang masuk kedalam golongan ini tidak akan mencium baunya surga.
Jangan biarkan diri kita menjadi umpan bagi iblis… Kadang2 kita membenci yang kita cintai, yang harus selalu kita benci adalah setan yang menungganginya bukan manusianya.
- QS 64:14--- Wahai orang2 yg beriman, sesungguhnya kadang2 diantara pasangan2mu dan anak2mu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati2lah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka sesungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang
- QS 35:6 --- Sungguh setan itu musuh bagimu, maka perlakukanlah ia sebagai musuh, karena sesungguhnya setan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala2.
Azwajaa : arti sebenarnya adalah pasangan, bukan hanya istri (sebagai referensi lihat QS 36:36)--- Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang2an, baik dari apa yg ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang mereka ketahui.
Ciri2 orang yang dikungkung setan:
- sulit memaafkan
- sulit mengaku kesalahan
- sulit memohon ampun
Diposting oleh As Sakhoya di 00:33 0 komentar
Label: QS 4 : An Nisa
QS 5 : AL MAIDAH
(HIDANGAN/SANTAPAN)
Disebut sebagai surat Al Maidah karena pada ayat 112 terdapat kata ‘hidangan’.
I.Hubungan surat An Nisaa (QS 4) dengan Al Maaidah
- karena salah satu peran utama wanita adalah menyajikan hidangan
II.Pengertian
Pengertian Bahasa:
Santapan fisik
Hidangan dari Allah
Pengertian Tafsir:
Apa saja yang kita konsumsi dalam diri kita baik berupa fisik atau non fisik (informasi) yang membuat kita terbiasa dan menjadi kuat karenanya.
Wanita agar berhati-hati dalam memberikan makanan keluarga baik fisik maupun nonfisik karena akan mempengaruhi kesehatan badan dan mentalnya.
III. Pelajaran Aplikatifnya
Selektiflah terhadap makanan fisik, berikan yang halal. Jangan berikan yang haram, karena :

bendanya
(QS 5:3)--- Diharamkan bagimu (memakan) bangkai darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan……
b.cara mendapatkannya
(QS 4:29)--- Wahai orang2 yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta
sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang
berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh
dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.
Bahayanya kalo kita tidak selektif,
QS 2:168--- Wahai manusia! Makanlah dari (makanan)yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah2 setan. Sungguh setan itu musuh yang nyata bagimu.
QS 5:87--- Wahai orang2 yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang2 yang melampaui batas.
QS 5: 101--- Wahai orang2 yang beriman! Janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal2 yang jika diterangkan kepadamu (justru) menyusahkan kamu. Jika kamu menanyakan ketika Al Qur’an sedang diturunkan, (niscaya) akan diterangkan kepada kamu. Allah telah memaafkan (kamu) tentang hal itu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun.
Cara membersihkan noda2 haram pada diri kita
QS 5:98--- Ketahuilah, bahwa Allah sangat keras siksaan Nya dan bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
Sabar dalam penderitaan (mis. Sakit)
QS 9:120 --- Tidak pantas bagi penduduk Madinah dan orang2 arab Badui yg berdiam disekitar mereka, tdk menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak pantas (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada (mencintai) diri Rasul. Yang demikian itu karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan di jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang2 kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka suatu amal kebajikan. Sungguh Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang2 yang berbuat baik.
QS 10:57 --- Wahai manusia! Sungguh telah datang kepadamu pelajaran (Al Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada di dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.
Tetaplah sholat
QS 70:20-23--- Apabila ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat
kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang2 yang melaksanakan salat, mereka yang
tetap setia melaksanakan shalatnya

Jangan lupa berzakat
Diposting oleh As Sakhoya di 00:32 0 komentar
Label: QS 5 : Al Maidah
QS 6 : AL AN’AM
(BINATANG TERNAK)
I.Hubungan antara Surat Al An’am dan Surat Al Maidah
Bila pada Surat Al Maidah dibicarakan mengenai makanan zahir dan batin, dan pengaruhnya terhadap diri manusia. Maka pada Surat Al An’am ini akan dijelaskan pengaruh makanan tersebut ke dalam gaya hidup manusia sehingga menyebabkannya terlena dengan kenikmatan.
Surat2 yang berhubungan dengan hal di atas:
QS 2:168 --- Untuk orang biasa ----- Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah2 setan. Sungguh setan itu musuh yang nyata bagimu.
QS 2:172 --- Untuk orang yang beriman ----- Wahai orang2 yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepadaNya.
QS 23:51 --- Untuk Rasul -----Allah berfirman, “Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik2, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Baik orang biasa, orang yang beriman maupun Rasul ----------- harus berhati2 terhadap makanan.
II.Pengertian Al An’am
Pengertian bahasa : binatang ternak
Pengertian taddabur :
Manusia manusia yang telah bergelimang dengan aneka kenikmatan sehingga piranti dirinya menjadi tidak peka lagi dan menyebabkannya mendustakan ayat ayat Allah.
Surat2 yang berhubungan dengan Al An’am
QS 7:179 --- Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat2 Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda2 kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat2 Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang2 yang sesat.
QS 25:43-44 --- Sudahkah engkau (Muhammad) melihat orang yang menjadikan keinginannya sebagai tuhannya. Apakah engkau menjadi pelindungnya? Atau apakah engkau mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami? Mereka itu hanyalah seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat jalannya.
QS 47:12 --- Sungguh Allah akan memasukkan orang2 yang beriman dan mengerakan kebajikan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai2. Dan orang2 yang kafir menikmati kesenangan (dunia), dan mereka makan seperti hewan makan dan (kelak) nerakalah tempat tinggal bagi mereka.
Catatan:
QS 6:44 --- Ketika ia mengejar2 kenikmatan dan melupakan peringatan Allah maka pada akhirnya hanya mendapatkan kehampaan. Jadi sebaiknya kita tidak mencari kenikmatan berdasarkan enak atau tidak enak. ----- Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka. Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba2, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.
Kenikmatan bukan untuk dinafikan (diabaikan) tetapi menjadi sarana untuk mendapatkan rahmat (baik atau tidak)
III. Peringatan peringatan Penting
QS 6:142 --- hanya berbakti pada manusia saja tidak karena Allah maka kita hanya untuk menjadi tunggangan orang lain.----- dan di antara hewan2 ternak itu ada yang dijadikan pengangkut beban dan ada (pula) yang untuk disembelih. Makanlah rezeki yang diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah2 setan. Sesungguhnya setan musuh yang nyata bagimu.
Penawar Supaya jangan menjadi seperti Hewan
QS 6:79 --- berserah diri pada Allah -----Aku hadapkan wajahku kepada (Allah) yang menciptakan langit dan bumi dengan penuh kepasrahan (mengikuti) agama yang benar, dan aku bukan termasuk orang2 musyrik.
QS 6:161-163 --- 2) sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah ----- Katakanlah (Muhammad), “ Sesungguhnya Tuhanku telah memberiku petunjuk ke jalan yang lurus, agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus. Dia (Ibrahim) tidak termasuk orang2 musyrik.”
QS 6:112 --- Jangan jadikan diri kita sebagai sarana/media bagi jin untuk mengajak manusia kepada kenikmatan duniawi saja. ----- Dan demikianlah untuk setiap nabi Kami menjadikan musuh yang terdiri dari setan2, manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan. Dan kalu Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak akan melakukannya, maka biarkanlah mereka bersama apa (kebohongan) yang mereka ada2kan.
Cara untuk menghindari bujukan setan :
- QS 25:30-31 --- Jangan mengabaikan Al Qur’an ----- Dan Rasul (Muhammad) berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al Qur’an itu diabaikan,” Begitulah, bagi setiap nabi, telah Kami adakan musuh dari orang2 yang berdosa. Tetapi cukuplah Tuhanmu menjadi petunjuk dan penolong.
- QS 7:201 --- Bagi orang2 yang bertaqwa maka akan ada sinyal bila ada pikiran jahat --- baca Al Qur’an sebanyak2nya. ----- Sesungguhnya orang2 yang bertakwa apabila mereka dibayang2i pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan2nya)
Diposting oleh As Sakhoya di 00:28 0 komentar
Label: QS 6 : Al An'am

Tidak ada komentar:

Posting Komentar